Senin, 05 Desember 2011

pertanyaan tentang kewirausahaan

1.Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan?
Jawab:
Kewirausahaan(enterpreneuship) adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar,kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses.Menurut Drucker(1959) adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran yang kreatif dan tindakan inovatif demi  terciptanya peluang.(Sumber:Dr.Suryana.2006.Kewirausahaan.Salemba Empat.)
2.Sebutkan Motif menjadi Wirausaha?
Jawab:Para ahli mengemukakan bahwa seseorang memiliki minat berwirausaha karena adanya suatu motif,yaitu motif berprestasi.Motif berprestasi adalah suatu nilai sosial yang menekankan pada hasrat untuk mencapai hasil terbaik guna mencapai kepuasan pribadi(Gede Anggan Suhandra,1980:55).Wirausaha yang memiliki prestasi tinggi pada umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1)     Ingin mengatasi sendiri kesulitan dan persoalan-persoalan yangtimbul pada dirinya.
2)     Selalu memerlukan umpan balik yang segera untuk melihat keberhasilan dan kegagalan.
3)     Memiliki tanggung jawab personal yang tinggi.
4)     Berani menghadapi resiko yang tinggi.
5)     Menyukai dan melihat tantangan secara seimbang.
3.Sebutkan karakteristik wirausaha?
Jawab: M.Scarbough dan Thomas W.Zimmere(1993:6-7),mengemukakan delapan karakteristik kewirausahaan sebagai berikut:
1)     Desire for responsibility,yaitu memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukanya.Seorang yang memiliki tanggung jawab akan selalu mawas diri.
2)     Preference for moderate risk,yaitu lebih memilki resiko yang moderat,artinya selalu menghindari resiko,baik yang terlalu rendah maupun yang terlalu tinggi.
3)     Confindence in their ability to success,yaitu memiliki kepercayaan diri untuk memperoleh kesuksesan.
4)     Desire for immediate feedback,yaitu selalu menhendaki upan balik dengan segera.
5)     High level of energy,yaitu memilki semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginanya demi masa depan yang lebih baik.
6)     Future orientation,yaitu berorientasi serta memiliki perspektif dan wawasan jauh ke depan.
7)     Skill at organizing,yaitu memiliki ketrampilan dalam mengorganisasikan dalam sumber daya untuk menciptakan nilai tambah.
8)     Value of achivement over money,yaitu lebih menghargai prestasi daripada uang.
4.Apa yang dimaksud dengan kreatifitas?
Jawab: Kreatifitas adalah kemampuan mengembangkan ide dan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang(thingking new things).Kreatfitas akan muncul apabila wirausaha melihat sesuatu yang telah dianggap lama dan berpikir sesuatu yang baru dan berbeda.Dengan demikian,sukses kewirausahaan akan tercapai apabila seseorang berpikir dan melakukan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama dengan cara-cara yang baru.(Zimmerer,1996:51)
5.Apa yang dimaksud dengan inovasi?
Jawab: Inovasi adalah kemampuan menerapkan kreaktifitasdalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang(Doing new things).Sesuatu yang baru dan berbeda yang diciptakan wirausaha selain bentuk hasil seperti barang dan jasa,juga bisa berbentuk proses seperti ide,metode,dan cara.(Sumber:Hardvard’s Theodore Levitt yang dikutip dari Zimmerer[1996;51])
6.Darimana Sumber-Sumber Peluang Bisnis?
Jawab:
1)     Menciptakan produk baru dan berbeda,maksudnya ketika ide dimunculkan secara rill atau nyata,misalnya dalam bentuk batang dan jasa baru,maka produk dan jasa tersebut harus berbeda dengan produk dan jasa yang ada di pasar.
2)     Mengamati pintu peluang,maksudnya wirausaha harus mengamati potensi-potensi yang dimilki pesaing,misalnya kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru,dukungan keuangan,dan keunggulan-keunggulan yang dimilki pesaing di pasar.
3)     Analisis produk dan proses produksi secara mendalam,maksudnya analisis ini sangat penting untuk menjamin apakah jumlah dan kualitas produk yang dihasilkan memadai atau tidak.
4)     Menaksir biaya awal,yaitu biaya awal yang diperlukan oleh usaha baru.
5)     Memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi,misalnya risiko teknik,finansial,dan pesaing.Risiko pesaing adalah kemampuan dan kesediaan pesaing untuk mempertahankan posisinya di pasar.
(Sumber: Dikutip dari buku “Kewirausahaan” karangan:Dr,Suryana,M.s.i.hal 85)
7.Sebutkan 3 cara memulai usaha baru?
Jawab:
1)     Merintis usaha baru,yaitu membentuk dan mendirikan usaha baru dengan menggunakan modal,ide,organisasi dan manajemen yang dirancang sendiri.
2)     Membeli usaha orang lain(buying),yaitu dengan membeli perusahaan yang telah didirikan atau dirintis dan diorgnisir oleh orang lain dengan nama(good will)dan organisasi usaha yang sudah ada.
3)     Kerja sama manajemen(franchisising),yaitu kerja sama antara wirausaha(franchise)dengan perusahaan besar(franchisor)dalam mengadakan persetujun jual-beli hak monopoli untuk menyelenggarakan usaha(waralaba).
Sumber: Dikutip dari buku “Kewirausahaan” karangan:Dr,Suryana,M.s.i
8.Jelaskan bentuk-bentuk badan usaha?
Jawab:
Ø      PERSEROAN KOMANDITER(CV) adalah suatu persekutuan untuk menjalankan suatu perusahaan yang dibentuk antara satu organisasi atau lebih dimana sekutu bertanggung jawab secara terbatas sementara sekutu lainya bertanggung jawab secara tidak terbatas.
Ø      PERSEROAN TERBATAS(PT) adalah suatu badan hukum yang berdiri berdasarkan perjanjian dengan melakukan kegiatan usaha dengan modal tertentu yang terbagi dalam saham.Para pemilik/pemegang saham tersebut mempunyai tanggung jawab yang terbatas pada jumlah nominal dan saham yang dimilikinya.
Ø      FIRMA adalah suatu persekutuan/perseroan yang didirikan untuk menjalankan suatu perusahaan di bawah nama bersama para sekutu dan anggotanya.Firma berarti “Bersama” yaitu nama orang(sekutu)  yang digunakan menjadi nama perusahaan.
Sumber:Dikutip dari Buku “Pengantar Bisnis”,Karangan:Irma Nilasari dan Sri Mulyani)
9.Jelaskan aspek-aspek legal untuk memulai suatu usaha?
Jawab:Tata cara pendirian PT:
·     Sebagai bentuk perjanjian,perseroan harus didirikan oleh sekurang-kurangya 2 orang.
·     Dibuat dengan akta notaris
·     Dalam bahasa Indonesia.
·     Mencantumkan perkataan PT atau PT Tbk(untuk perseroan terbatas terbuka).
·     Disahkan oleh Menteri Kehakiman
·     Didaftarkan berdasrkan UU Wajib daftar perusahaan no 3 tahun 1982,termasuk semua perubahanya.
·     Diumumkan dalam berita negara,termasuk semua perubahanya.
·     Untuk PT (Tertutup) ditntentukan besarnya modal dasar sekurang-kurangnya Rp 20.000.000.-dengan ketentuan bahwa modal yang ditempatkan sekurang-kurangnya berjumlah 25% dari modal dasar.Dari modal yang ditempatkan itu pemegang saham wajib menyetorkan modalnya sebesar 50%.
Tata cara pendirian CV dan Firma:
·        Pembuatan akta pendirian,yaitu melalui notaris.
·        Pendaftaran akte pendirian ke pengadilan negeri setempat.
·        Pengumuman akte pendirian dalam berita negara.
Sumber:Dikutip dari Buku “Pengantar Bisnis”,Karangan:Irma Nilasari dan Sri Mulyani)
10.Sebutkan Sumber-Sumber Modal?
Jawab: Modal sendiri,Dividen,Investasi,saham,obligasi,,Pinjaman Bank.
Sumber:Dikutip dari Buku “Manajemen Keuangan”.Karangan:Susno)
12.Apa yang dimaksud dengan Manajemen Pemasaran?
Jawab : Manajemen Pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan,menjaga,dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan,menyerahkan dan mengkomunikasikan pelanggan yang unggul.(Sumber:Kotler,Philip,Manajemen Pemasaran,2008.hal 6-7.)
Adapun  tujuan dari pemasaran itu sendiri adalah mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya menjual dirinya sendiri.Contoh,ketika Sony merancang Play station.pabrik ini dibanjiri  pesanan karena mereka telah merancang produk yang tepat.
13.Apa yang dimaksud dengan Manajemen Keuangan?
Jawab: Manajemen Keuangan adalah aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana,menggunakan dana,dan mengelola asset sesuai tujuan perusahaan secara menyeluruh.(Martono & Agus Sardjito,2004)
14.Apa yang dimaksud dengan Manajemen Operasi?
Jawab:Manajemen Operasi adalah kegiatan mengatur atau mengelola agar dapat menciptakan dan menambah nilai guna atau manfaat suatu barang dan jasa.Untuk mengatur ini perlu dibuat adanya keputusan-keputusan  yang berkaitan dengan usaha untuk mencapai tujuan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan. Sumber:Dikutip dari Buku “Pengantar Bisnis”,Karangan:Irma Nilasari dan Sri Mulyani)
15.Apa yang dimaksud dengan Manajemen Sumber Daya Manusia?
Jawab:Manajemen SDM adalah proses perencanaan,pengorganisasian,pengarahan,dan pengendalian dari aktivitas pengadaan,pengembangan,kompensasi,integrasi,pemeliharaan dan pemisahan sumber daya manusia dalam rangka memenuhi tujuan individu,organisasi dan masyarakat.(Flippo;1988)
16.Apa  yang kamu ketahui tentang perusahaan keluarga?
Jawab:Perusahaan keluarga adalah sebuah perusahaan yang melakukan suatu kegiatan bisnis,dimana kepemilikan,jabatan,kegiatan produksi,manajemen,modal,dan pengelolaan perusahaan/bisnis tersebut didominasi  oleh anggota keluarga tersebut.(Sumber:Dikutip dari buku “kewirausahaan” hal 35,pengarang oleh Justin G.Longenecker,Carlos W.Moore dan J.William Petty.2001)
Contoh : Bakrie Group
17.Apa yang dimaksud dengan Etika Bisnis?
Jawab:Etika Bisnis adalah perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha(bisnis).Kebenaran yang dimaksud adalah etika standar yang secara umum dapat diterima dan diakui prinsip-prinsipnya baik oleh masyarakat,perusahaan dan individu.Menurut Zimmer(1996:20),Etika Bisnis adalah suatu kode etik perilaku pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntunan dalam membuat keputusan dan memecahkan persoalan.
18.Apa yang dimaksud dengan Corporate Social Responsibility(CSR)?
Jawab:Tanggung jawab sosial perusahaan adalah cara suatu bisnis untuk bertindak terhadap kelompok dan pribadi lainya dalam lingkungan dan merupakan tanggapan dari perusahaan/bisnis terhadap kebutuhan sosial.A.B.Carroll menyatakan bahwa manajer organisasi bisnis memiliki empat tanggung jawab,yaitu Tanggung jawab ekonomi,Tanggung jawab hukum,Tanggung jawab etika,dan Tanggung jawab kebebasan memilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar